RENCANA
BISNIS LOVE COFFEE CAFÉ
Disusun oleh : Diky Cahyadi
A. Deskripsi Bisnis
Saat ini menikmati kopi tidak hanya merupakan sekedar kebutuhan
tetapi sudah menjurus ke arah gaya hidup yang banyak dijalani oleh para kaum
muda maupun kalangan eksekutif. Trend ini kemudian ditangkap sebagai peluang
bisnis bagi para pelaku bisnis cafe yang kemudian berlomba-lomba menyajikan
sajian kopi yang mewah dan modern yang seolah tidak mau
kalah dengan gerai kopi
internasional yang semakin melebarkan sayap bisnisnya ke beberapa kota besar di
indonesia.
80% pasar kopi di indonesia dikuasai oleh jenis kopi robusta
walaupun sebagian besar pasar kopi dunia malah dikuasai oleh jenis kopi
arabika. Yang paling banyak disukai para pencinta kopi saat ini adalah sajian
kopi ala cafe seperti cappucino, vanilla choco coffe, cream coffe smoothy, dll.
Walaupun kita juga masih menemukan sajian murni kopi ala warung kopi jaman
dulu.
Love Coffe
Cafe adalah konsep tempat untuk menikmati kopi sambil nongkrong para
mahasiswa. Love Coffe Cafe memanjakan
lidah para pecinta coffe dengan rasa yang menggugah selera.
Elemen-elemen utama yang ditawarkan adalah :
· Kopi yang
berkualitas tinggi, dengan resep dan biji kopi pilihan.
· Layanan konsumen
yang prima.
· Lokasi cafe yang
nyaman
Produk yang ditawarkan:
· Original coffe
· Moccacino coffe
art
· Capucino coffe
art
· Coffe love
· Beatifull coffee
Penjualan:
· Asumsi penjualan
tahap awal adalah rata-rata 500 cup coffe/3 bulan pertama
· Buka Senin
sampai Jum’at ( Pagi - Sore)
Visi perusahaan
Menjadi kedai kopi yang mampu berkompetisi secara sehat dan mempunyai
daya saing yang tinggi.
Misi perusahaan
·
Memberikan layanan yang berorientasi pada kepuasan
konsumen
·
Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan
harga terjangkau
·
Menyediakan tempat nongkrong yang nyaman dan murah sesuai
dengan kantong Mahasiswa
Menjaga suasana Cafe yang nyaman
B.
Lingkungan Bisnis yang Dihadapi
Pilihan lokasi dan wilayah cafe adalah
dengan kriteria pasar dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah
dijangkau dan terlibat dari jarak yang cukup jauh. Pilihannya adalah dikawasan Alun-alun
kota Sumedang sebagi pusat berkumpulnya anak muda maupun tua. Dan dalam waktu
jangka panjang akan menambah lokasi dan membuka cabang di wilayah lainnya.
Walaupun pada saat sekarang banyak
orang yang membuka cafe, itu bahkan tidak berpengaruh sama sekali, karena
tempat yang kita pilih sangat menjanjikan untuk berbisnis, karena daerah
tersebut sangat strategis dan dekat dari keramaian, otomatis mahasiswa maupun
masyarakat terpojok untuk bebelanja di cafe kita. Selain jauh dari segi waktu
dan jarak tempuh, harga yang kita cocokkan masih bisa bersaing dengan harga
pasar, dan kami pastikan kualitas pelayanan yang terbaik untuk kepuasan
pelanggan.
C.
Aspek Produksi
A.
Product (produk)
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah kopi. Produk yang
dihasilkan memiliki manfaat dan kualitas yang tinggi. Sudah diketahui bahwa
produk yang terbuat dari kopi ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk
proses metabolisme tubuh.
B.
Place (lokasi/distribusi)
Usaha ini berlokasi di dekat Alun-alun kota Sumedang. Adapun
sasaran pasar produk kopi kami ini adalah mahasiswa atau pelajar yang mencari
tongkrongan masyarakat sekitar.
C.
Price (harga)
Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya
produksi ditambah biaya lain-lain dan tren yang berlaku. Jika produk yang
menjadi idola (tren) harganya pun bisa dinaikan dari standar harga normal
(misal pada saat cuaca panas atau ketika bulan puasa besar kemungkinan produk
ini akan dibanjiri konsumen).
D.
Promotion (promosi)
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini kepada
konsumen. Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir
jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan
buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-business.
Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan situs-situs
e-business lainnya seperti: berniaga.com dll.
E.
Aspek Sumber Daya Manusia
Proyek pembangunan “Love Coffee Cafe” ini membutuhkan beberapa
tenaga kerja yang akan menjalankan usaha ini. Tenaga kerja pada tahap pertama
ini membutuhkan 4 orang karyawan. Antara lain:
a.
Manager/ Pimpinan
· Bertanggung
jawab memantau dan memastikan mulai dari proses pembelian bahan baku produksi
sampai dengan penjualan berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.
· Mengawasi
kinerja karyawan.
· Honor yang
diterima manager Rp. 400.000 dan akan mengalami kenaikan sesuai dengan
pencapaian target, besarnya kenaikan akan diperhitungkan kemudian.
b.
Koki
· Bertanggung
jawab pembelian bahan baku dan proses produksi.
· Jumlah koki
sebanyak 1 orang.
· Untuk
bulan-bulan pertama honor koki perbulan direncanakan sebesar Rp 300.000 dan
akan mengalami kenaikan apabila target rata-rata konsumen meningkat.
c.
Kasir
· Bertugas
menerima pembayaranpembeli serta mengontrol uang keluar dari kas “Love Coffee
Cafe”
· Membuat laporan
keuangan untuk diserahkan kepada pemimpin
d.
Pramusaji
· Bertugas menjaga
cafe dan melayani konsumen
· Bertanggung
jawab atas keberhasilan cafe
· Honor yang akan
diberikan sebesar Rp 250.000.
F.
Aspek Pemasaran
Produk yang dipasarkan :
Coffe capucino dan snack
Sasaran Konsumen :
Mahasiswa dan pelajar sekitar Alun-alun
Wilayah Pemasaran :
Alun-alun Sumedang
Rencana Penjualan :
2020-2021
Dalam pemasaran perlu diperhatikan apa yang disebut dengan
marketing mix yang terdiri dari :
a.
Product
Kualitas coffe akan sangat diutamakan baik itu kebersihan maupun
rasanya.
b.
Price
Harga yang ditawarkan mampu bersaing dengan kompetitor.
c.
Place
Tempat yang strategis karena berada dalam kawasan kampus
mahasiswa.
d.
Promotion
Banyak macam promosi yang akan dilakukan untuk menarik pengunjung.
Dalam proses pemasaran tujuannya adalah untuk menarik konsumen
sebanyak banyaknya, selain juga untuk dapat bersaing dengan kompetitor, maka
diperlukan strategi atau siasat untuk memenangkan kompetisi, seperti berikut
ini :
a. Menyebarkan brosur kepada
mahasiswa ataupun pelajar.
b. Memberikan voucher coffe gratis
setiap 15 hari, tujuannya agar mereka mengenal produk kita dan dapat
mempromosikannya mulut ke mulut.
c. Promosi juga bisa bisa
dilakukan dengan mengundang teman beramai-ramai untuk menikmati produk kita.
Hal ini bertujuan selain promosi dari mulut-kemulut juga agar pada masa-masa
awal ini cafe terlihat ramai sehingga mengundang rasa keingintahuan calon
konsumen potensial lain untuk mencoba menikmati produk di cafe ini.
d. Kami memberikan interior love
pada cafe kami supaya lebih memberikan nuansa romantis.
e. Kami juga akan melakukan
program Nobar (Nonton bersama) apabila ada pertandingan sepakbola antara
klub-klub besar.
f. Selain memberikan suasana
cafe yang nyaman dengan harga produk yang terjangkau kami juga menyediakan
musik-musik akustik yang sengaja kami lakukan untuk menghibur pelanggan.
G.
Aspek Keuangan
Analisa Profitabilitas
Perhitungan
prediksi pencapaian laba dihitung dengan prinsip kehati-hatian dimana profit
dihitung seminimal mungkin dan biaya dihitung semaksimal mungkin. Berdasarkan
perhitungan yang telah dilakukan profit yang dihasilkan sangat menjanjikan, dan
bisa saja bertambah karena dalam perhitungan tersebut biaya dimasukkan secara
maksimal, sehingga proyek ini dapat diterima.
Analisa Payback Period
Berdasarkan
perhitungan Payback Period, maka Payback Period diproyeksikan setelah proyek
berjalan selama < 1 tahun. Dengan waktu pengembalian yang tidak lebih dari
setahun maka proyek ini dinilai dapat diterima untuk dilaksanakan.
A.
ASET TETAP TOKO UNTUK USAHA CAFE
No
|
Asset
|
Unit
|
Nilai buku
|
1
|
Rak snack
|
2
|
Rp. 800.000
|
2
|
Lemari es
|
1
|
Rp1.000.000
|
3
|
Kotak pendingin
|
1
|
Rp. 350.000
|
Total
|
Rp 2.150.000
|
B.
MODAL INVESTASI
Harta Tetap
|
||||
No
|
Barang
|
Harga
|
||
1
|
Mixer
|
Rp 200.000,00
|
||
2
|
16 Kursi @ Rp 25.000,
|
Rp 400.000,00
|
||
3
|
4 Meja @ Rp 100.000,-
|
Rp 400.000,00
|
||
4
|
VCD
|
Rp 300.000,00
|
||
5
|
Blender
|
Rp 300.000,00
|
||
6
|
Speaker
|
Rp 150.000,00
|
||
Total Harta Tetap
|
Rp 1.750.000,00
|
|||
Peralatan
|
||
2 Lusin Cangkir @ Rp 30.000,-
|
Rp 60.000,00
|
|
Total Peralatan
|
Rp 60.000,00
|
C.
MODAL KERJA
Biaya Bahan
|
|||
No
|
Bahan
|
Jumlah / Minggu
|
Jumlah / Bulan
|
1
|
Kopi instan
|
Rp 15.000,00
|
Rp 60.000,00
|
2
|
Coklat bubuk
|
Rp 50.000,00
|
Rp 200.000,00
|
3
|
Susu skim bubuk
|
Rp 50.000,00
|
Rp 200.000,00
|
4
|
Creamer
|
Rp 40.000,00
|
Rp 160.000,00
|
5
|
Gula pasir
|
Rp 40.000,00
|
Rp 160.000,00
|
6
|
Ice cream coklat
|
Rp 75.000,00
|
Rp 300.000,00
|
7
|
Snack
|
Rp 50.000,00
|
Rp 200.000,00
|
Total Biaya Bahan
|
Rp 320.000,00
|
Rp 1.280.000,00
|
Gaji/Upah
No
|
Pengelola
|
Gaji/Bulan
|
||
1
|
Pimpinan
|
Rp 400.000,00
|
||
2
|
Koki
|
Rp 300.000,00
|
||
3
|
Kasir & bendahara
|
Rp 300.000,00
|
||
4
|
Pramusaji
|
Rp 250.000,00
|
||
Total Gaji
|
Rp 1.250.000,00
|
|||
Biaya Umum
|
||||
1
|
Sewa gedung
|
Rp 300.000,00
|
||
2
|
Air & Listrik
|
Rp 100.000,00
|
||
3
|
Promosi
|
Rp 100.000,00
|
||
4
|
Biaya Renovasi
|
Rp 200.000,00
|
||
5
|
Biaya Tak Terduga
|
Rp 100.000,00
|
||
Total Biaya Umum
Total Biaya Operasional /bulan
|
Rp 800.000,00
Rp 3.330.000,00
|
|||
D.
ASUMSI
Pendapatan
No
|
Jenis Minuman/Snack
|
Harga pergelas
/perbungkus
|
Penjualan
|
|
/Hari
|
/ bulan
|
|||
1
|
Original coffe
|
Rp 1000
|
10 gelas x 1000 = Rp 10.000
|
Rp 200.000
|
2
|
Moccacino coffe art
|
Rp 2000
|
10 gelas x 2000 = Rp 20.000
|
Rp 400.000
|
3
|
Capucino coffe art
|
Rp 2000
|
10 gelas x 2000 = Rp 20.000
|
Rp 400.000
|
4
|
Coffe love
|
Rp 3000
|
20 gelas x 3000 = Rp 60.000
|
Rp 1.200.000
|
5
|
Beatifull coffee
|
Rp 3000
|
20 gelas x 3000 = Rp 45.000
|
Rp 1.200.000
|
6
|
Snack
|
Rp 1000
|
20 bks x 1000 = Rp 20.000
|
Rp 400.000
|
Total Pendapatan
|
Rp 180.000
|
Rp 3.800.000
|
Keuntungan
No
|
KAS
|
|
1
|
Pendapatan/bulan
|
Rp 3.800.000,00
|
2
|
Pengeluaran operasional/bulan
|
Rp 3.330.000,00 -
|
Keuntungan Perbulan
|
Rp 470.000,00
|
Keuntungan yang didapat di tahap awal ( 3 bulan pertama) yaitu sebesar 470.000
X 3 = Rp 1.410.000.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar